Cara Ternak Maggot Skala Besar

cara ternak maggot skala besar
Budidaya Maggot BSF. Selalu berkembang adalah sebuah fitrah yang ditanamkan oleh Allah pencipta kita, dengan fitrah ini akan membuat manusia terus berkembang dan menyempurnakan yang sudah ada, termasuk jika temen-temen sekalian budidaya maggot BSF, maka pasti akan terbersit dalam hati bagaimana cara ternak maggot dalam skala yang lebih besar, bener apa bener..?

Setidaknya inilah yang saya pikirkan ketika saya melihat peluang yang sangat terbuka lebar, peluang untuk mengatasi sampah yang kita hasilkan dan juga peluang menjadikan sampah tersebut menjadi lebih bernilai, dan tentu ujung-ujungnya adalah rupiah yang akan kita dapatkan.

Baik temen-temen sekalian, orang bijak berkata bahwa tidak ada sesuatu yang besar kalau tidak ada sesuatu yang kecil, besar dihasilkan dari yang kecil kemudian dikumpulkan, Nah seperti ini pulalah yang akan kita lakukan dengan kegiatan budidaya maggot BSF kita, kita mulai dari yang kecil terlebih dahulu... saya berikan tahapannya ya.....


Tahap pertama, atasi sampah yang ada di rumah tangga.
Tidak perlu yang muluk-muluk untuk melakukan, tiap rumah tangga pasti menghasilkan sampah-sampah organik, seperti sayur-sayuran yang tidak terolah, bekas makanan, nasi basi, limbah saat kita membersihkan ayam atau ikan, intinya segala sesuatu yang bisa membusuk bisa kita manfaatkan untuk makanan maggot nantinya.

Inti dari tahap yang paling kecil ini adalah konsistensi temen-temen dalam melakukan. dengan skala kecil ini temen-temen akan banyak belajar mulai siklus hidup dari lalat BSF, nutrisi atau jenis makanan (sampah) yang bisa menjadikan maggot pada gembul, sampai mempelajari kandang dan perlakukan masing-masing tahap BSF.

Hal terpenting yang menjadi tolak ukur di tahap awal ini adalah masalah bau dan pertumbuhan maggot itu sendiri. Jangan sampai pengolahan sampah organik yang temen-temen lakukan menimbuklan bau yang menyengat.

Jika tahap awal ini temen-temen sudah lalui, maka selanjutnya temen-temen bisa naik kelas dengan.....

Tahap kedua, atasi masalah sampah tetangga anda.
Sama seperti halnya rumah tangga temen-temen, tetangga pun pasti menghasilkan sampah rumah tangga yang serupa.

Kita tinggal menitipka plastik atau ember ke tetangga dan meminta mereka untuk mengumpulkan sampah-sampah organik ke dalam ember tersebut. Tentu tetangga anda akan kegirangan karena mereka tidak perlu membuang sampah atau menimbun sesuatu yang busuk.
Temen-temen bisa mengambil sampah-sampah tersebut tiap hari.

Sampai tahap ini temen-temen sudah sangat memungkinkan menjadikan budidaya membesar dengan sendirinya, mau tau caranya..?

Cukup temen-temen aktif di lingkungan, lambat laun dari mulut ke mulut berita tentang keahlian anda mengelola sampah organik akan tersebar, dan anda bisa tawarkan project ke lingkungan RT untuk membentuk unit pengelolaan sampah di lingkungan.

Oke lah sob, saya cukupkan sampai disini pembahasan cara ternak maggot skala besar, sekali lagi ini adalah plan saya pribadi dan saat saya menuliskan ini saya sendiri tengah menjalankan tahapan ini, kita berdoa dan berusaha bersama-sama agar bumi yang kita tempati ini menjadi bersih dan kita bisa memakmurkannya sebagaimana yang sudah menjadi tugas kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar