Cara Membuat Maggot Dari Kotoran Sapi

Budidaya Maggot BSF. Daya tarik makhluk satu ini memang tidak bisa disepelekan, baik dari segi kecepatannya mengurai limbah sampai dengan kualitas atau kandungan protein yang ada padanya saat periode larva atau maggot. Banyak limbah organik yang bisa diuraikan oleh organisme ini, salah satunya adalah limbah dari peternakan sapi, so kali ini kita akan bahas bareng-bareng cara membuat maggot dari kotoran sapi.

Oh ya sebelumnya, ada info menarik seputar cara budidaya maggot BSF untuk pemula, silahkan klik ya untuk buka infonya.

Oke balik ke pembahasan awal, limbah ternak merupakan masalah yang tidak bisa disepelekan oleh pebisnis, kalau kita tidak bagus dalam pengelolaan limbah, maka hanya tinggal menunggu waktu usaha peternakan kita akan didemo oleh warga karena bau limbah kotoran yang menyebar.


Tapi di sisi lain ada makhluk hidup yang memiliki kemampuan merubah limbah organik peternakan menjadi makanan yang cukup bagus buat maggot, bahkan saya sendiri mendapatkan bibit maggot ini dari bawah kandang tempat kotoran ayam.

Oh ya, sebelum kita lanjut, adakah temen-temen di sini yang sudah siap membesarkan budidaya maggotnya..? saya punya info yang menarik di sini.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengelola limbah ini saat diberikan ke maggot...?

Pengalaman saya dilapangan, karena saya memiliki ternak ayam kampung, pemberian limbah ternak ini cukup diberikan dalam bentuk "segar", tanpa mengalami proses apapun. Yang penting beberapa faktor ini kita perhatikan, diantaranya:

  • Kadar air
Kadar air ini memegang peranan penting, karena akan sangat berhubungan dengan kenyamanan maggot itu sendiri dalam medianya, jika kadar air kurang atau berlebih maka biasanya maggot akan bermigrasi atau pindah mencari media yang lebih nyaman. Untuk mengetahui media maggot cukup atau tidak kandungan airnya, cukup kita cek medianya dan remas sedikit, jangan terlalu keras ya...., cukup sedikit aja, kalau air sudah tidak netes, nah berarti medianya cukup.
  • Intensitas cahaya
Maggot dari lalat BSF ini adalah jenis maggot yang tidak suka dengan cahaya terang, sangat berkebalikan dengan saat menjadi lalat nantinya.
Saat intensitas cahaya sangat tinggi (sangat terang), maka maggot akan menghindar dan mencari tempat berlindung yang lebih gelap. Maka disinilah kita perlu mendesain kandang yang berbeda antara periode maggot dan lalat.
  • Suhu
Seperti halnya makhluk hidup yang lain, maka maggot BSF pun memiliki suhu yang optimal untuk kenyamanannya, dan suhu ini akan sangat berkaitan dengan air seperti yang saya sampaikan sebelumnya.
budidaya maggot BSF di tempat kecil
Yang pernah kami alami, saat tempat maggot itu berupa tempat-tempat kecil, selain kandungan air yang harus dijaga, adalah bagaimana kita menyusun tempat-tempat tersebut. Jika susunan kita terlalu rapat saat meyusun vertikal, yang terjadi adalah sirkulasi udara tidak lancar yang akan berakibat naiknya suhu.
Efeknya ke maggot adalah maggot akan keluar dari tempat untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Nah point-point tersebut bisa temen-temen pakai untuk dijadikan patokan bagaimana mengelola atau memberikan limbah kotoran ternak ke maggot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar