Cara Budidaya Maggot Dengan Dedak

Budidaya Maggot BSF. Media apa yang selama ini temen-temen gunakan saat budidaya maggot BSF..? atau malah temen-temen bingung media apa yang akan digunakan..? Kalau temen-temen masih bingung, sepertinya akan sangat cocok bahasan kita kali ini, kita akan bahas cara budidaya maggot dengan dedak, tetep ikutin ya....

Sebelum kita lanjut, jika temen-temen baru mau dan akan mau melakukan budidaya maggot BSF, saya punya info menarik, pedoman budidaya maggot BSF untuk pemula, silahkan meluncur ke sini ya...

Dedak merupakan limbah dari pengolahan atau penggilingan biji padi, tapi jenis limbah ini sudah sangat lazim dimanfaatkan untuk berbagai macam ternak, mulai dari unggas, kelinci, bahkan sampai jenis hewan rumenansian (kambing dan sapi), karena memang nilai gizi yang terkandung di dalamnya lumayan tinggi.


Nah dedak ini juga bisa kita manfaatkan untuk budidaya maggot BSF, tapi dengan syarat ya..., yakni harga belinya tidak tinggi, jika harga kita beli dedak ini tinggi, maka budidaya yang kita lakukan akan sia-sia, karena tujuan kita melakukan budidaya maggot BSF adalah menguraikan limbah yang tidak terpakai.

Oke kita asumsikan bahwa harga kita beli dedak ini murah, yang kemudian akan kita manfaatkan untuk budidaya maggot BSF.

Saya pribadi menganggap dedak ini sebagai media saja daripada sebagai pakan, dimana dalam aplikasi pemberiannya dedak ini harus dicampur dengan bahan lain (sampah organik), jika hanya menggunakan dedak ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan.

Pertama, faktor biaya.
Dalam melakukan budidaya BSF, tujuan utama kita sebenernya adalah membersihkan sampah organik yang ada di sekitar kita, karena kita membersihkan sampah, seharusnya biaya yang muncul (makanan untuk maggot) harus mendekati 0 (nol).

Kedua, faktor nutrisi.
Sepanjang yang saya amati, pertumbuhan maggot akan optimal (ditunjukkan dengan besarnya maggot) jika makanan atau nutrisi yang kita berikan berasal dari sampah-sampah yang bisa membusuk (makanan dan sayur, termasuk kotoran hewan), jika maggot yang kita budidayakan hanya diberikan dedak, maka kecukupan nutrisinya bisa jadi akan kurang.

Nah sekarang, kita akan bahas teknis bagaimana pemberian dedak ke maggot...?
Setidaknya ada dua jenis atau cara pmberian dedak ke maggot.

Pertama, dengan pemberian langsung.
Pemberian dedak secara langsung ini bisa jadi dengan tujuan mengurangi kadar air dalam media maggot, sehingga cara pemberiannya pun cukup ditaburkan ke media maggot.

Kedua, dengan cara ditambahkan air.
Penambahan air ini dimaksudkan dedak ini sebaga media maggot, air yang diberikan tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering, sekiranya maggot akan merasa nyaman bersembunyi di dalam media dedak ini.

Nah itulah temen-temen cara budidaya maggot dengan dedak, semoga bermanfaat ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar