Cara Memanen Maggot

Budidaya Maggot BSF. Ada yang unik lho dari hewan peliharaan yang satu ini, apa itu...? Yup... salah satunya adalah proses pemanenan yang bisa kita lakukan tanpa harus bersentuhan dengan hewannya, bagaimana cara melakukannya..? tetep lanjut ya bacanya...

Tapi sebelum lanjut, saya ada info menarik nih tentang budidaya maggot untuk pemula, silahkan klik link ini ya...

Proses pemanenan ini sebenernya tergantung bagaimana kita melakukannya, bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan cara otomatis, dan yang pasti, jika otomatis ndak usah pakai mesin ya... hehe..hehhe.

Proses pemanenan dengan cara manual atau otomatis kita putuskan seberapa banyak dan luas area yang kita miliki, jika kita melakukan budidaya BSF dalam wadah-wadah kecil, maka akan lebih pas kita lakukan pemanenan dengan cara manual, bisa dengan mengayak atau manual menggunakan tangan kita memisahkan antara media dan maggot BSFnya.

Lho bagaimana jika media tempat tinggal BSF ini becek atau kandungan airnya terlalu banyak...?
Normalnya Maggot BSF akan bermigrasi dengan sendirinya jika media tempat ia hidup selama di periode larva, ia akan mencari tempat yang kering tapi terlindung dari sinar matahari dan cenderung gelap.

Kasus lainnya adalah maggot tidak mau migrasi padahal warna tubuhnya sudah hitam, kondisi media tidak basah dan juga tidak terlalu kering.
Jika masalahnya seperti ini, dan kita lihat maggot-maggotnya semuanya sudah berubah warna, maka kita tinggal memberikan media kering yang akan berfungsi menyerap kelebihan air di media sebelumnya. Kalau sudah kita tambahkan (biasanya saya menggunakan serbuk gergaji atau dedak) tinggal kita aduk-aduk agar media bari tersebut tercampur dan menyerap air.

Sementara pemanenan dalam area yang luas dengan jumlah maggot yang banyak, tentu akan kerepotan jika dilakukan dengan manual, maka akan lebih pas dilakukan dengan cara otomatis, artinya kita buat kondisi media maggot ini tidak sesuai dengan kebutuhannya maka dengan sendirinya maggot tersebut akan meninggalkan media, nah saat maggot ini meninggalkan medianya, kita tampung dalam wadah yang sudah kita siapkan.

Hal lain adalah yang berkaitan dengan design tempat maggot ini hidup.
Ada banyak referensi bagaimana membuat kandang maggot BSF ini, tapi intinya adalah kita sediakan bidang miring yang akan mempermudah maggot BSF melakukan migrasi jika sudah tiba saatnya ia akan menjadi prepuppa atau puppa.

Nah demikian yang bisa saya sampaikan sob, maaf jika ada ada kekurangan, dan buat para master, jika ada info yang salah dari yang saya sampaikan, mohon koreksinya ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar