Media Budidaya Maggot BSF

Media Budidaya Maggot BSF
Budidaya Maggot BSF. Pertama kali saya tau tentang maggot BSF ini, saya sangat tertarik untuk mengaplikasikan ke ayam-ayam saya, tapi saat itu saya masih sedikit bingung apa dan bagaimana yang dimaksud dengan media budidaya BSF ini, nah biar kebingungan saya yang dulu tidak menular ke temen-temen sekalian, saya akan berikan apa yang saya tau ke dalam tulisan ini, so tulisan ini saya berikan judul media budidaya maggot BSF.

Oh ya sebelum lanjut, saya punya informasi yang menarik seputar budidaya maggot BSF tanpa bau, silahkan temen-temen klik link yang saya berikan tersebut, dan semoga bermanfaat.

Nah kembali ke pembahasan awal ya tentang media budidaya BSF.


Untuk lebih memahami apa itu media budidaya, saya ibaratkan dengan ikan. Ikan memiliki tempat hidup yakni air, nah tempat hidup sudah ada, lalu ikan memerlukan nutrisi atau makanan. Jika tempat tinggalnya minim makanan, apa yang dilakukan oleh ikan tersebut..? Dia akan berusaha pindah ke tempat yang dirasa memiliki sumber makanan yang melimpah.

Nah begitu juga dengan maggot bsf, untuk media maggot sendiri saya sering menggunakan serbuk gergaji sebagai media dasarnya, nah seperti contoh ikan, setelah tempat tinggal buat maggot ini tersedia, maggot memerlukan makanan, nah sampah-sampah organik inilah makanan untuk maggotnya.

Selain sebuk gergaji apakah ada yang lain..?

Ada, beberapa temen menyarankan menggunakan dedak sebagai media dasar. Apapun medianya satu prinsip yang harus temen-temen pegang, yakni minim biaya. Tergantung tempat tinggal aja, kalau yang murah itu dedak, temen-temen bisa menggunakannya, begitu juga dengan serbuk gergaji.

Dalam pelaksanaannya, perawatan media juga tidak kalah pentingnya, kita harus menjaga media agar para maggot ini betah tinggal dan merasa nyaman di dalamnya. Dan salah satu unsur penting adalah kandungan nutrisi yang ada dalam media tersebut.

Jadi jika maggot-maggot junior malah keluar dari media, itu adalah tanda bahwa media kita sudah tidak nyaman bagi para maggot, list berikut ini harus menjadi pertimbangan kita saat melakukan perawatan media maggot BSF:
  • Kandungan air
  • Suhu
  • Nutrisi dalam media
Nah tiga point ini harus temen-temen kontrol dalam pelaksanaan budidaya maggot BSF.

Baiklah temen-temen saya cukupkan sampai di sini, jika ada yang kurang jelas atau ada sesuatu yang tidak tepat silahkan manfaatkan kolom komentar, dan jangan lupa sharing ke sosial media kita agar temen-temen kita yang membutuhkan informasi tentang budidaya maggot BSF dapat tambahan info.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar