Cara Budidaya Maggot BSF Tanpa Bau

Media maggot bsf yang sudah gembur
Budidaya Maggot BSF. Apa yang terbersit di benak kita jika unit usaha atau bisnis kita pada bidang pengolahan limbah...? bau yang tidak sedap...? Ya mungkin ini adalah kemungkinannya karena kita akan bersentuhan dengan bahan yang bisa membusuk, dan saat bahan tersebut membusuk, biasanya akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Meskipun kita memanfaatkan maggot BSF..? Bisa jadi kalau itu kita salah kelola, maka dari itu, kali ini kita akan belajar tentang cara budidaya maggot BSF tanpa bau.

Oh ya sebelum kita bahas lebih jauh, saya punya info buat temen-temen yang mau akan melakukan budidaya maggot bsf, silahkan klik di sini ya...

Baik temen-temen, kita sedikit mundur ke belakang ya, saya saat pertama kali melakukan budidaya maggot BSF ini juga mengalami hal yang sama, media yang saya gunakan atau tempat tinggal maggot mengeluarkan bau yang tidak sedap, kemudian texture media juga lembek seperti pasta, ini masalah pertama yang saya temukan.

Oke kita fokus di masalah bau dulu ya pada tulisan kali ini.

Bau yang tidak sedap muncul jika makanan yang kita berikan pada maggot BSF over atau berlebih. Perlu kita ingat ya, bahwa makanan yang kita berikan tadi juga organik, artinya jika tidak termakan oleh maggot BSF, maka sisa makanan ini akan menjadi tempat tinggal bakteri atau organisme lain, nah bau yang tidak sedap tadi muncul ketika sisa makanan terurai oleh selain maggot BSF.

Wah punya saya dah terlanjur basah banget dan bau, solusinya bagaimana...?
Kalau menurut saya, pertama kurangin kadar airnya dlu, hal ini bisa kita lakukan dengan beberapa opsi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, tentunya bahan-bahan yang murah, kalau perlu gratis. Diantara bahan yang sering saya gunakan adalah kardus, ya kardus. Caranya adalah dengan meletakkan sobekan kardus di atas media, setelah itu kita tunggu esok hari, maka kardus akan basah karena menyerap air. Cara ini akan sangat efektif jika ketinggian media sesuai dengan ukuran.

Mau yang lebih cepat..? temen-temen bisa memanfaatkan serbuk gergaji atau dedak. Taburkan serbuk gergaji atau dedak tersebut ke media maggot BSF, lalu aduk-aduk sehingga rata, beberapa saat kemudia media akan menjadi gembur.

Setelah media kita ideal, langkah selanjutnya adalah kurangi pemberian pakan dari hari sebelumnya. Kalau pemberian pakan sesuai, tidak ada makanan yang busuk di media, maka bau yang tidak enak tersebut tidak akan muncul.

Nah semoga info tersebut bermanfaat ya sob....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar